Pengembangan Manajemen Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Kasim, Abjan (2016) Pengembangan Manajemen Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kota Tidore Kepulauan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-abjan kasim-13704261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model manajemen tutor yang layak untuk diterapkan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Tidore Kepulauan, yang merupakan pengembangan dari manajemen tutor yang telah dilakukan oleh pengelola PKBM di Kota Tidore Kepulauan selama ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) rancangan Borg & Gall (1983). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi pada tiga PKBM di Kota Tidore Kepulauan. Informan penelitian ditetapkan dengan snowball sampling. Keabsahan data diuji dengan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan konfirmability. Uji coba/validasi kelayakan model awal dan model utama menggunakan teknik Delphi melalui penyebaran angket dengan skala Likert. Pada uji coba/validasi kelayakan model utama diberikan angket kepada 32 orang pengelola PKBM, dan 28 orang tutor dari 8 PKBM di Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan, yaitu: Pertama, manajemen tutor yang diselenggarakan oleh pengelola PKBM di Kota Tidore Kepulauan, ditunjukkan dengan langkah-langkah berikut: analisis pekerjaan, perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, pelatihan dan penilaian kinerja. Kedua, model manajemen tutor di PKBM yang layak adalah manajemen yang memperoleh dukungan peran serta masyarakat, lembaga mitra, dan input lembaga PKBM, dalam melakukan langkah-langkah berikut: (a) perencanaan, dimulai dari analisis pekerjaan dengan cakupan kegiatan penetapan uraian tugas dan kualifikasi pekerjaan, serta perencanaan SDM dengan cakupan menghitung kebutuhan dan ketersediaan tutor, serta membandingkan kebutuhan dan ketersediaan tutor, (b) pelaksanaan, yang terdiri dari pelaksanaan rekrutmen meliputi rekrutmen dari sumber internal dan eksternal, pelaksanaan seleksi dengan metode seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara dan presentasi, dan pelaksanaan pelatihan dengan metode coaching dan mentoring, dan (c) pengawasan, meliputi monitoring dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sementara penilaian kinerja menggunakan metode penilaian umpan balik 360 derajat, serta pelaporan. Ketiga, model manajemen tutor yang dikembangkan untuk PKBM yang diajukan telah memenuhi tingkat kelayakan model yang tinggi mencapai skor 82,06 dan termasuk kategori layak, sehingga layak digunakan sebagai model manajemen tutor di PKBM.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Tutor, PKBM.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:12
Last Modified: 16 Dec 2022 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46267

Actions (login required)

View Item View Item