PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Ariska Dina Safitri, ADS (2017) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
06.SKRIPSI_ARISKA DINA SAFITRI_12402244002.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. 2) Besarnya pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. 3) Besarnya pengaruh pergaulan teman sebaya dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel sejumlah 49 siswa Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan pada 34 siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: 1) Pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) 0,592; koefisien determinasi (r2x1y) 0,350 dan thitung 5,035 > ttabel 2,012. 2) Metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan koefisien korelasi (rx2y) 0,672; koefisien determinasi (r2x2y) 0,451 dan thitung 6,214>ttabel 2,012. 3) Pergaulan teman sebaya dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan koefisien korelasi (Ry(1,2)) 0,731; koefisien determinasi (R2y(1,2)) 0,535 dan Fhitung 26,469 > Ftabel=3,19 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan Efektif pergaulan teman sebaya dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel sebesar 53,5%. Kata Kunci : Pergaulan Teman Sebaya, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 12:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46266

Actions (login required)

View Item View Item