Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Industri.

Sudarsono, Bambang (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Industri. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-bambang sudarsono-11702261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran praktik yang dapat diterapkan oleh dosen pendidikan teknik otomotif sebagai penghasil calon guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif (PKTO), dan (2) mengetahui aspek-aspek kompetensi pada pembelajaran praktik yang dibutuhkan calon guru SMK PKTO dengan berorientasi pada industri otomotif. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu model research and developmentdari Richey and Klein (2009:8), dengan tahapan pengembangan meliputi: (1) pengembangan model, dan (2) validasi model (validasi internal dan validasi eksternal).Tahapan pengembangan model meliputi need assessment, dan draft model. Tahapan validasi model meliputi uji validasi model secara internal dan eksternal. Validasi model internal menggunakan metode focus group discussion(FGD) dan expert review, sedangkan validasi model eksternal menggunakan metode quasi experimental.Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sedangkan objek penelitian di PT. Toyota Nasmoco Magelang, PT. Daihastu Armada dan PT. Suzuki Ultratune UGM. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Aspek-aspek kompetensi yang dikembangkan pada model P2BI bagi mahasiswa calon guru SMK PKTO adalah: (a) Aspek sikap yang meliputi: inisiatif, kedisiplinan, mandiri, tanggung jawab, kerjasama, dan kejujuran; (b) aspek pengetahuan yang meliputi: pengetahuan tentang alat ukur dan keselamatan, dan bidang pekerjaan; (c) aspek ketrampilan yang meliputi: persiapan kerja, alat ukur, bidang pekerjaan, dan ketepatan waktu pengerjaan. (2) Peningkatan aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan menunjukkan rerata skor pada ujicoba kelima diatas 3,26 dengan kriteria sangat baik dan terjadi peningkatan pada tiap-tiap ujicoba. (3) Aktivitas mahasiswa dalam pelaksanaan tahapan-tahapan model P2BI sangat baik ditunjukkan dengan rerata skor pada ujicoba kelima diatas 3,26.(4) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran P2BI sangat positif yang ditunjukkan dengan rerata skor pada tiap-tiap pertanyaan pada angket tanggapan diatas 4,08.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran,pembelajaran praktik, calon guru SMK PKTO.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jan 2017 02:41
Last Modified: 31 Aug 2022 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46265

Actions (login required)

View Item View Item