PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Wahyu Danang, Saputro (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a. Naskah TAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas X TKR antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metote team quiz dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran TDO di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) Pengaruh penerapan metode team quiz terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 107 siswa dan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas X TKR 3 dan kelompok kontrol yaitu kelas X TKR 1 dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Sebelum diberi perlakuan siswa diberi pretest. Selanjutnya siswa diberi perlakuan. Kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran menggunakan metode ceramah sedangkan kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode team quiz. Validitas instrumen ini melalui pendapat para ahli (expert judgment). Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar kelas eksperimen yang diajar dengan metode team quiz memiliki rerata 77.88 dan terdapat 88.5% siswa yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori baik sedangkan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ceramah memiliki rerata 62.88 dan terdapat 11.5% siswa yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori kurang, 2) Terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan temuan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode team quiz lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode cermah, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu sebesar (6.503>2.056). Kata kunci: Metode Team Quiz, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 12:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46253

Actions (login required)

View Item View Item