EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUTOMATION STUDIO 5.2 TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PERENCANAAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK SEDERHANA PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK BOEDI OETOMO 3 MAOS

Jatmiko, Jatmiko (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUTOMATION STUDIO 5.2 TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PERENCANAAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK SEDERHANA PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK BOEDI OETOMO 3 MAOS. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:(1) tingkat peningkatan kompetensi merencanakan sistem kendali elektronik sederhana pada kelompok siswa yang menggunakan media Automation Studio 5.2, (2) tingkat peningkatan kompetensi merencanakan sistem kendali elektronik sederhana pada kelompok siswa yang menggunakan media konvensional, (3) tingkat peningkatan kompetensi kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran Automation Studio 5.2 dengan kelompok siswa yang menggunakan media pembelejaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Boedi Oetomo 3 Maos yang berjumlah 21 siswa dan semua dikenakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis skor gain dan analisis presentase peningkatan. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) gain kompetensi pada kelompok eksperimen diperoleh sebesar 0,555 termasuk dalam kategori sedang, gain pada aspek kognitif sebesar 0,609 termasuk dalam kategori sedang, gain pada ranah psikomotorik diperoleh hasil sebesar 0,556 termasuk dalam kategori sedang dan gain pada ranah afektif diperoleh hasil sebesar 0,556 termasuk dalam kategori sedang juga, (2) gain kompetensi pada kelompok kontrol diperoleh sebesar 0,388 termasuk dalam kategori sedang, gain pada aspek kognitif sebesar 0,330 termasuk dalam kategori sedang, gain pada ranah psikomotorik diperoleh hasil sebesar 0,339 termasuk dalam kategori sedang dan gain pada ranah afektif diperoleh hasil sebesar 0,430 termasuk dalam kategori sedang juga, (3) peningkatan kompetensi kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh hasil sebesar 43,950% termasuk dalam kategori sedang, peningkatan ranah kognitif kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh hasil sebesar 120,574% termasuk dalam kategori sangat tinggi, peningkatan ranah psikomotorik kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh hasil sebesar 19,048 masuk dalam kategori rendah, peningkatan ranah afektif kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh hasil sebesar 29,231% masuk dalam kategori sedang. Kata kunci:, Efektifitas, Kompetensi, Automation Studio 5.2, Perencanaan Sistem Kendali Elektronik Sederhana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 12:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46252

Actions (login required)

View Item View Item