PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MENGELAS DENGAN PROSES LAS OKSI-ASETILEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Eko, Widayanto (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MENGELAS DENGAN PROSES LAS OKSI-ASETILEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pengelasan Dasar dengan menggunakan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi-Asetilen pada kelas X TPM SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (2) mengetahui perbedaan Prestasi belajar siswa antara kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol. Penelitian ini penelitian quasi experimen dengan desain non equivalent control group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan X.2 program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Tes yang digunakan telah divalidasi. Hasil analisis menunjukan siswa yang mengunakan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi-Asetilen mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 12.75%, sedangkan pada siswa yang menggunakan media papan tulis meningkat 3.86%. Hasil tersebut menunjukan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi- Asetilen membantu meningkatkan prestasi belajar lebih tinggi dibanding media papan tulis pada meteri pelajaran pengelasan dasar di kelas X TPM SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kata kunci: pengaruh, modul mengelas dengan proses las oksi-asetilen, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:18
Last Modified: 20 Jan 2017 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46250

Actions (login required)

View Item View Item