Pengaruh Penggunaan Media Grafis Komik terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Pemahaman Cerita Rakyat

Jubaedah, Jubaedah (2009) Pengaruh Penggunaan Media Grafis Komik terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Pemahaman Cerita Rakyat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jubaedah-07712259058.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh penggunaan media grafis komik terhadap aktivitas belajar siswa dan pemahaman pada tema pokok cerita rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel bebas media grafis komik dan variabel terikatnya adalah aktivitas belajar siswa dan pemahaman terhadap cerita rakyat. Pengunaan desain eksperimen kelompok kontrol non ekuvalen dengan dua taraf kualifikasi variabel bebas yaitu media grafis komik dan tanpa media grafis komik. Subjek penelitian sebanyak 60 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri: (1) tes apresiasi cerita rakyat, (2) lembar observasi, dan (3) angket respons aktivitas belajar siswa dengan media grafis komik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis MANOVA. Hasil penelitian ini adalah; (1) Aktivitas belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan media grafis komik lebih tinggi dibandingkan tanpa media grafis komik Fhitung 20.101 (p<0,001). (2) apresiasi cerita rakyat belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan Media grafis komik lebih tinggi dibandingkan tanpa media grafis komik Fhitung 29.61 (p<0,001).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media grafis komik
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 29 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4625

Actions (login required)

View Item View Item