UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DENGAN PENGGUNAAN KARTU BERANTAI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIA 4 SMA NEGERI 1 MUNTILAN

Rita, Rossiana Dewi (2017) UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DENGAN PENGGUNAAN KARTU BERANTAI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIA 4 SMA NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RITA ROSSIANA DEWI_12203241036 mamas.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keaktifan peserta didik, (2) penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XII MIA 4 SMA Negeri 1 Muntilan dengan penggunaan kartu berantai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi dalam penelitian ini ditentukan secara kolaboratif antara peneliti dengan mitra peneliti yaitu guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA 4 SMA Negeri 1 Muntilan yang terdiri dari 33 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, tes penguasaan kosakata bahasa Jerman dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu berantai dapat meningkatkan: (1) keberhasilan proses berupa peningkatan keaktifan peserta didik sebesar 78%. Selain keberhasilan proses tersebut, juga terdapat keberhasilan produk yaitu (2) peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XII MIA 4 SMA Negeri 1 Muntilan mencapai 24%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Keaktifan, Kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 12:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46240

Actions (login required)

View Item View Item