Pengaruh Latihan Medicine Ball dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Keamampuan Passing Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket SMA.

Dinata, Windo Wiria (2016) Pengaruh Latihan Medicine Ball dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Keamampuan Passing Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-windo wiria dinata-14711251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara latihan medicine ball 1 kg dan latihan medicine ball 3 kg terhadap kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bola basket SMA, (2) perbedaan pengaruh koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bola basket SMA, dan (3) interaksi antara latihan medicine ball ( 1 kg dan 3 kg) dan koordinasi mata tangan (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bola basket SMA. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler putra SMA Negeri di Sleman yang berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian ini 20 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen mengukur koordinasi mata tangan dengan menggunakan tes lempar tangkap bola tenis dan untuk mengukur kemampuan passing bola basket menggunakan AAHPERD passing test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara latihan medicine ball 1 kg dan latihan medicine ball 3 kg terhadap kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bola basket SMA, terbukti dari nilai p = 0,041 < 0,05, latihan medicine ball 1 kg lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan medicine ball 3 kg, (2) ada perbedaan kemampuan passing antara siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah bagi peserta ekstrakurikuler bola basket SMA, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0.05, siswa dengan koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan koordinasi mata tangan rendah terhadap kemampuan passing, dan (3) ada interaksi antara latihan (1 kg dan 3 kg) dan koordinasi mata tangan (rendah dan tinggi) terhadap kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bola basket SMA, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Latihan medicine ball 1 kg dan 3 kg, kemampuan passing, bola basket
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:47
Last Modified: 17 Jan 2022 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46234

Actions (login required)

View Item View Item