LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Rika Wijayanti, Rika Wijayanti (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rika Wijayanti-13201241007-Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa S1 program kependidikan wajib menempuh mata kuliah PPL. Hal ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa memiliki kompetensi dan kemampuan keguruan, sehingga dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang calon pendidik. Kegiatan pokok PPL adalah praktik mengajar. Mahasiswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan program studinya. Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung pada kegiatan belajar mengajar. Selain memperoleh pengalaman kegiatan belajar mengajar, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman dalam bidang penelitian dan pengabdian. Hal ini dikarenakan oleh kegiatan PPL yang mencakup tiga dimensi pokok, yaitu penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu yang mengandung konsekuensi. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15Juli-15 September 2016.Kegiatan PPL ditekankan pada kegiatan mengajar. Pada kegiatan ini mahasiswa melaksanakan tugas layaknya seorang pendidik yang diharapkan mampu mendidik siswa dan menyalurkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada siswa. Selain kegiatan mengajar, mahasiswa praktikan program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk membantu mengembangkan pembelajaran bagi siswa maupun bagi mahasiswa praktikan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan nonmengajar dan kegiatan insidental. Pada dasarnya kegiatan PPL dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil kegiatan. Kegiatan persiapan meliputi pembekalan PPL, pengajaran mikro, observasi, dan perumusan program. Kegiatan pelaksanaan meliputi kegiatan persiapan mengajar, praktik mengajar, kegiatan nonmengajar, dan kegiatan insidental. Setelah melaksanakan persiapan dan pelaksanaan, mahasiswa melakukan refleksi terhadap kegiatan PPL yang telah dijalani. Pada kegiatan PPL yang dilaksanakan periode 15 Juli-15 September 2016, mahasiswa hanya diberikan tugas untuk mengajar 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Akan tetapi, mahasiswa juga mengajar kelas XII ketika guru memberikan wewenang kepada mahasiswa untuk mengajar kelas XII. Selama kegiatan PPL mahasiswa sudah melaksanakan praktik pembelajaran sebanyak 29kali tatap muka dengan 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ketiga RPP tersebut sudah mencakup 4 keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap pembelajaran diawali dengan persiapan, praktik, dan evaluasi. Dari praktik mengajar tersebut metode yang sering digunakan yaitu Problem Based Learning (PBL). Melalui pemberian masalah autentik, siswa dapat membentuk makna dari bahan pelajaran melalui proses belajar dan menyimpannya dalam ingatan sehingga sewaktu-waktu dapat digunakan lagi. Tidak semua pembelajaran dilaksanakan dengan mudah. Dalam praktiknya, setiap pembelajaran memerlukan evaluasi dan refleksi untuk perbaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, kegiatan mengajar, pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46233

Actions (login required)

View Item View Item