PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI TATA RUANG KANTOR PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 WONOSARI

Irvian Nur Kholis, INK (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI TATA RUANG KANTOR PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 WONOSARI. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
03.SKRIPSI_IRVIANNURKHOLIS_12402244019.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada kompetensi dasar sarana dan prasarana pada materi tata ruang kantor. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada kompetensi sarana dan prasarana pada materi tata ruang kantor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation namun penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ke empat yaitu tahap implementasi. Tujuan pengembangan yang dilakukan hanya untuk menilai kelayakan produk, tidak untuk menilai keefektifan media. Subjek penelitian adalah 1 validator ahli materi, 1 validator ahli media, 4 siswa kelas XI administrasi perkantoran dalam uji coba kelompok kecil dan 32 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian ahli media, lembar penilaian ahli materi, dan angket siswa. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis setiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikorversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif berhasil dikembangkan menggunakan 4 tahap pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, (2) hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori skor “baik”, hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata - rata 4,23 dengan kategori skor “sangat baik”, dan mendapatkan skor rata – rata 4,26 dengan kategori skor “sangat baik” pada uji coba penggunaan, sehingga media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan. Kata kunci: Media Pembelajaran, Tata Ruang Kantor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 12:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46232

Actions (login required)

View Item View Item