PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN TEKANAN KLIEN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta)

Muhammad Fadjar, Arif Fauzan (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN TEKANAN KLIEN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN TEKANAN KLIEN TERHADAP KUALITAS .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Tekanan Klien terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta). Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang merupakan penelitian ex post facto. Pemilihan sampel menggunakan metode non probability sampling. Jumlah sampel adalah 58 responden, yang diperoleh dari enam Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas yang melibatkan 30 auditor dari masing-masing Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan dilibatkan kembali pada saat penelitian. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu software pengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,532 dan nilai signifikansi 0,000; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Spiritual terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,641 dan nilai signifikansi 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Tekanan Klien terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,717 dan nilai signifikansi 0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Tekanan Klien secara simultan terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,729, uji F ditunjukkan dengan F hitung > F tabel (52,152 > 2,770), dan nilai signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Tekanan Klien, Kualitas Audit.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 12:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46227

Actions (login required)

View Item View Item