Pengaruh Keterlibatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

Wahyudatik, Wahyudatik (2016) Pengaruh Keterlibatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyudatik-13730259001.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Kemandirian Belajar secara parsial maupun bersama terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data primer. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016, berjumlah 1.639 orang. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 95, mewakili group ranking sekolah secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data primer variabel Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Kemandirian Belajar dengan angket, sedangkan data prestasi belajar kewarganegaraan dengan data sekunder yaitu dokumentasi nilai. Angket yang digunakan telah dievaluasi validitasnya dengan analisis product moment dan reliabilitas dengan teknik Cronbach Alpha, semua pertanyaan valid ( r > 0.3) dengan tingkat reliabilitas yang dapat diterima (alpha cronbach > 0.7). Hasil pengujian regresi variabel Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan mendapatkan; β = 0.407, thitung = 3.067 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) dan mendapatkan koefesien β = 0.724, thitung = 2.915 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) untuk variabel Kemandirian Belajar. Hasil koefisien determinasi R = 0.327, Fhitung = 22.345 dengan p ≤ 0.05 (signifikan). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi kemandirian belajar lebih tinggi daripada kontribusi Ekstrakurikuler Hizbul Wathan terhadap Prestasi Belajar, dan secara bersama memberikan kontribusi sebesar 32,7%. Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa, Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Kemandirian Belajar secara parsial maupun bersama berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Mengacu kesimpulan tersebut, sekolah perlu memperhatikan keberadaan dan pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler pada umumnya dan Hizbul Wathan khususnya. Pengelolaan Kemandirian Belajar siswa, melalui berbagai dorongan eksternal maupun internal seperti mendorong belajar bersama untuk mencapai kemandirian, menerapkan metode belajar aktif, dan melibatkan orang tua dirumah agar mendorong putra-putrinya belajar mandiri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hizbul Wathan, Kemandirian, dan Prestasi Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:05
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46217

Actions (login required)

View Item View Item