PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BOGA DASAR KELAS X TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Ezra Chicaal, Sandya (2016) PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BOGA DASAR KELAS X TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ezra Chicaal Sandya.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Boga Dasar dengan menerapkan Media Kartu Gambar pada kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Wonosari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga 1 sebanyak 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang setiap siklus dalam penelitian meliputi empat komponen/tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur penguasaan materi, panduan observasi dan skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar Boga Dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu gambar dapat meningkatkan motivasi belajar Boga Dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu rata-rata pencapaian motivasi sebesar 58.03 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan media kartu gambar pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar Boga Dasar mencapai angka 68.19 termasuk dalam kategori tinggi dan setelah dilakukan perbaikan pada saat setiap indikator diselipkan pada setiap langkah dalam pembelajaran penerapan media kartu gambar rata-rata skor motivasi belajar Boga Dasar pada siklus II mencapai angka 79.69 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Serta hasil tes penguasaan materi Boga Dasar dalam kondisi awal termasuk dalam kategori kurang yaitu mencapai rata-rata 50.78 setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil tes penguasaan materi meningkat dengan rata-rata 87.5 termasuk dalam kategori baik sekali. Perbaikan oleh guru dilakukan pada tahap selanjutnya untuk meningkatkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa sehingga hasil tes penguasaan materi siklus II mencapai rata-rata 92.03 termasuk dalam kategori baik sekali. Kata kunci: Kartu Gambar, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 12:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46214

Actions (login required)

View Item View Item