Meningkatkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Siswa melalui Pendekatan Relasi Antar Etnis dalam Pembelajaran Sejarah

Wahyu Pambudi, S.Pd., Wahyu Pambudi, S.Pd. and Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum, Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum and Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd, Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd Meningkatkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Siswa melalui Pendekatan Relasi Antar Etnis dalam Pembelajaran Sejarah. In: pembelajaran sejarah.

[img] Text
50.WAHYU_UNS.docx

Download (38kB)

Abstract

Nasionalisme atau rasa kebangsaan adalah motif utama mengajarkan mata pelajaran sejarah Indonesia di sekolah, namun tidak jarang tujuan itu tidak nampak secara jelas diusahakan secara sadar dan terencana sebagai tujuan intruksional dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sejarah Indonesia berbasis relasi antar etnis yang didesain untuk meningkatkan rasa solidaritas kebangsaan siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dan diuji-cobakan pada siswa SMAN 1 Kota Kediri. Pada tahap uji efektifitas model, hasil uji-t antar kelompok (independent samples t-test) terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan t. 2,398, dengan sig. 0,019. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran sejarah Indonesia berbasis relasi antar etnis efektif untuk meningkatkan rasa solidaritas kebangsaan siswa. Kata Kunci: pembelajaran sejarah, relasi antar etnis, solidaritas kebangsaan siswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:15
Last Modified: 19 Jan 2017 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46211

Actions (login required)

View Item View Item