PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK MODUL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI MANUAL KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Astuti, Riqi (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBENTUK MODUL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI MANUAL KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_12803241029_RIQI ASTUTI.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul pada mata pelajaran Praktik Akuntansi Manual kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Yogyakarta; (2) Mengetahui kelayakan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul pada mata pelajaran Praktik Akuntansi Manual berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran akuntansi; (3) Mengetahui penilaian siswa terhadap Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul pada mata pelajaran Praktik Akuntansi Manual; (4) Mengetahui peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Manual setelah menggunakan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan four-D (4D) models dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul sesuai dengan model pengembangan four-D models. Define, diperoleh hasil bahwa siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kompetensi siswa, serta membantu belajar mandiri. Design, diperoleh hasil bahan ajar yang sesuai kebutuhan siswa berupa modul praktik akuntansi. Develop, dilakukan validasi oleh ahli, revisi sesuai saran ahli, serta uji coba pengembangan di kelas XI Akuntansi 3. Disseminate, dilakukan penyebaran modul di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMK Negeri 1 Yogyakarta, dan SMK Koperasi. (2) Kelayakan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul berdasarkan penilaian: ahli materi diperoleh rerata skor 3,93 (layak), ahli media diperoleh rerata skor 4,02 (layak), dan praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh rerata skor 4,03 (layak); (3) Penilaian siswa terhadap Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul diperoleh rerata skor 4,33 (sangat layak); (4) Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Modul dapat meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Manual sebesar 59,36%. Berdasarkan analisis paired sample t-test diperoleh rata-rata nilai pretest 4,70 dan posttest 7,49 dengan peningkatan 2,49, serta nilai thitung sebesar -46,116 dengan sig.(p)=0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dari nilai pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Akuntansi, Four-D models, Modul, Praktik Akuntansi Manual, Pengembangan,
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 12:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46205

Actions (login required)

View Item View Item