PENGELOLAAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) BIDANG PENDIDIKAN DENGAN PENGADAAN FASILITAS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BATANG TAHUN 2015

Hidayati, Eva Wafda (2016) PENGELOLAAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) BIDANG PENDIDIKAN DENGAN PENGADAAN FASILITAS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BATANG TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Eva Wafda Hidayati_12803244017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan dengan Pengadaan Fasilitas di SMK Negeri 1 Batang pada aspek: (1) Perencanaan DAK SMK di SMK Negeri 1 Batang, (2) Pelaksanaan DAK SMK di SMK Negeri 1 Batang, (3) Pengawasan dan Evaluasi DAK SMK di SMK Negeri 1 Batang, dan (4) Pelaporan DAK SMK di SMK Negeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat untuk penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Batang, subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Bendahara DAK, Panitia P3DAK, dan Komite Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini komparatif konstan yaitu membandingkan peraturan dengan realisasi di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan DAK SMK di SMK Negeri 1 Batang dengan menyusun RKAS oleh Tim Anggaran yang diketahui Komite Sekolah. Penyusunan proposal dibuat oleh guru, staf TU untuk diajukan kepada Dinas Pendidikan kemudian penyusunan RAB dilakukan oleh Panitia P3DAK dibantu konsultan. (2) Pelaksanaan DAK SMK, penyaluran dana dalam tiga tahap. Pengambilan dana pada bank penyalur oleh Bendahara DAK. Penggunaan dana digunakan untuk pembangunan ruang penunjang berupa jamban siswa serta sanitasi. Pembangunan dilaksanakan sesuai RAB dan mencapai target dengan efektif dan efisien. Penyetoran pajak oleh sekolah yaitu PPN, PPh Ps 21, dan PPh Ps 22. (3) Pengawasan dan evaluasi dilakukan oleh pihak internal yaitu Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, pihak eksternal oleh Dinas pendidikan Kabupaten, Dinas Pendidikan Provinsi dan Inspektorat. (4) Pelaporan DAK SMK berupa laporan mingguan, laporan bulanan, dan laporan akhir. Publikasi dana DAK SMK dilakukan dengan memberi batu prasasti dan menginformasikan kepada wali murid saat rapat pleno.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dana DAK SMK, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi, Pelaporan
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 12:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46204

Actions (login required)

View Item View Item