PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK YPKK 2 SLEMAN

Samsusilowati, Pungky (2016) PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK YPKK 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PUNGKY SAMSUSILOWATI_12803244066.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Alat evaluasi berupa permainan kartu UNO ini merupakan salah satu inovasi atau varian dengan tujuan: 1) menghasilkan permainan kartu UNO sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pokok bahasan mengelola kartu utang; 2) mengetahui kelayakan produk Kartu UNO sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pokok bahasan mengelola kartu utang; 3) Mengetahui respon siswa terhadap kegiatan evaluasi akuntansi pokok bahasan mengelola kartu utang mengunakan permainan Kartu UNO sebagai alat evaluasi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli evaluasi, ahli materi, dan praktisi serta uji pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPKK 2 Sleman terdiri dari 42 siswa. Berdasarkan penilaian ahli evaluasi, ahli materi dan praktisi, Kelayakan alat evaluasi dihitung dari persentase kelayakan. Penilaian ahli evaluasi Sangat Layak (97,23%) dan Sangat Baik. Hasil penilaian ahli materi Sangat Layak (96,18%) dan Sangat Baik. Hasil analisis uji coba soal Validasi soal valid (97%), Reliabilitas tinggi sebesar (1,0263) sehingga termasuk soal yang reliabel, Tingkat Kesukaran tergolong soal yang baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis soal mudah (26%), soal sedang (73%), dan soal sukar (1%). Respon siswa terhadap permainan kartu UNO menunjukkan penilaian Sangat Layak (95,75%) dan Sangat Baik. Berdasarkan hasil penilaian dari keempat tahapan tersebut, maka permainan kartu UNO yang dikembangkan Sangat Layak (96,31%) untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Alat Evaluasi, Permainan, Kartu UNO, Akuntansi Utang
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 12:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46202

Actions (login required)

View Item View Item