Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ende.

Parera, Helena Rosalia (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Se- Kabupaten Ende. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-helena-rosalia-parera-14719251013.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh (1) kecerdasan emosional, (2) kecerdasan spritual, (3) minat belajar, dan (4) lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Se Kabupaten Ende, baik secara parsial maupun simultan. Jenis Penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif danmenggunakan metode Ekspost Facto dengan pendekatan assosiatif kausal.Populasi dari penelitian ini sebanyak917siswa kelas XI IPS SMA Se Kabupaten Ende. Sampel sebanyak 400 siswa ditentukan dengan teknikStratified random sampling. Data kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, minat belajar dan lingkungan keluarga dikumpulkan melalui kuesioner sedangkan data hasil belajar dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgment dan Confirmatory Factor Analisis(CFA)sedangkan pengujian reabilitas menggunakan Cronbach Alpa (α). Analisis data menggunakan teknik statistik regresi berganda. Penelitian ini menyimpulkan lima temuan. Pertama,ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi (t : 1,991 dan Sig. 0,047). Kedua, ada pengaruh kecerdasan spritual terhadap hasil belajar ekonomi ( t : 2,282 dan Sig. 0,023 < 0,05). Ketiga, tidak ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi (t :-1,011 dan Sig. 0,312 >0,05). Keempat, ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi ( t : 2,229 dan Sig. 0,026).Kelima, ada pengaruh secara bersama-sama dari kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, minat belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Se Kabupaten Ende ( F : 7,418 dan Sig. 0,000). Keempat variabel bebas tersebut memberikan pengaruh (Adjusted R2)sebesar 6,0 % terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Se Kabupaten Ende.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, minat belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar ekonomi.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:27
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46198

Actions (login required)

View Item View Item