Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar di Kabupaten Magelang (Analisis Hambatan dan Faktor Pendukung Implementasi Kurikulum 2013).

Susanta, Agus Budi (2016) Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar di Kabupaten Magelang (Analisis Hambatan dan Faktor Pendukung Implementasi Kurikulum 2013). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-budi-susanta-14711251021.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hambatan-hambatan dan faktor pendukung dalam implementasi Kurikulum 2013 PJOK SD di Kabupaten Magelang yang mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang prosedur penelitiannya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang bisa diamati. Sumber penelitian adalah guru PJOK SD di sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kabupaten Magelang. Objek dalam penelitian ini adalah persiapan pemerintah/sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013, perencanaan, proses pelaksanaan, penilaian,dalam pembelajaran serta buku teks dan sarana prasarana di sekolah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan alat bantu yaitu pedoman wawancara, dan dokumen/arsip. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan implementasi Kurikulum 2013 yaitu: 1). Guru sudah diberikan pelatihan-pelatihan oleh pemerintah tentang Kurikulum 2013 dan pelatihan-pelatihan tentang kemampuan mengoperasionalkan komputer oleh sekolah masing-masing atau melalui UPT di Kecamatannya masing-masing. 2) Untuk pelatihan materi Kurikulum 2013 ini guru PJOK masih mengalami hambatan atau kesulitan karena dalam pelatihannya dijadikan satu materi dengan guru kelas dengan system pembelajaran di kelas, dan selama ini belum ada pelatihan khusus untuk guru PJOK. 3) Dalam pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 masih ada guru yang dalam melakukan proses pembelajaran masih terkendala dalam berkomunikasi dengan guru kelas sehingga materi pelajarannya belum bisa sesuai dengan tema yang ada. 4) Guru masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian dikarenakan terlalu banyaknya item yang harus dinilai terutama pada aspek afektif. 5) Buku teks pendukung Kurikulum 2013 sudah disediakan oleh Pemerintah dalam bentuk buku siswa dan buku guru tetapi khusus untuk buku PJOK dalam kurikulum 2013 belum tersedia. dan 6) Hampir tiap sekolahan tidak memiliki halaman yang layak disebut sebagai lapangan olahraga.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hambatan dan pendukung, implementasi, Kurikulum 2013
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:59
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46192

Actions (login required)

View Item View Item