Pengembangan Computerized Adaptive Testing (CAT) dengan Algoritma Logika Fuzzy

Haryanto, Haryanto (2009) Pengembangan Computerized Adaptive Testing (CAT) dengan Algoritma Logika Fuzzy. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-haryanto-037126006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang berupa rancang bangun perangkat lunak (software) program pengujian adaptif terkomputerisasi dengan algoritma logika fuzzy ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) model sistem inferensi dalam mengambil keputusan untuk memilih butir-butir tes yang tepat bagi siswa, (2) kinerja perangkat lunak CAT dengan algoritma logika fuzzy dalam mendeskripsikan kemampuan siswa. Perangkat lunak program CAT diperlukan dalam bidang pengukuran untuk membantu proses evaluasi guna mengetahui keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian dengan pendekatan Research and Development (R & D) ini, terdiri atas dua bagian yaitu: (1) pengembangan program CAT dengan algoritma logika fuzzy, yang meliputi tahap-tahap analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pembuatan kode program, menguji dan menemukan beberapa tipe kesalahan untuk perbaikan, (2) pengujian program CAT kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Yogyakarta kelas XII sebagai sampel. Materi tes adalah mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan Notasi sigma, barisan dan deret. Materi tes dikaji dan dikemas berdasar kompetensi yang terdapat pada silabi dan urutan materi, serta dianalisis dan dibuat berdasar pada domain kognitif dari taksonomi Bloom. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis terhadap data hasil tes dilakukan menggunakan dua pendekatan, yaitu: logika fuzzy untuk analisis data butir-butir tes hasil kerja program CAT, dan Likelihood maksimum untuk analisis estimasi kemampuan siswa berdasar butir-butir tes yang diperoleh. Hasil penelitian pengembangan program CAT menunjukkan: (1) pengembangan program CAT berdasar pada kebutuhan pemakai yakni: mudah digunakan, tampilan interaktif, memiliki sistem keamanan, mudah diakses, dan mengacu standar kekinian, (2) program CAT dapat mengenali tiga macam pengguna saat proses login, (3) program CAT memiliki tiga macam basis data, (4) program CAT memiliki sembilan menu utama. Masing-masing menu memiliki sub-sub menu sesuai dengan keperluan dan jenis penggunanya, (5) sistem kerja program CAT dalam memilih butir-butir tes menggunakan model sistem inferensi algoritma logika fuzzy dengan metode Tsukamoto, (6) model tampilan program CAT meliputi: tampilan halaman awal, halaman login, halaman menu dan sub-menu, serta halaman tes, (7) program CAT dapat bekerja melakukan tugas sesuai dengan fungsi dan jenis pengguna, dan (8) program CAT mampu mengelola: (a) administrasi bank soal, (b) mengemas butir-butir tes secara otomatis, (c) pengemasan jumlah butir-butir tes sesuai dengan kemampuan siswa, (d) pilihan jawaban pada setiap butir tes dimunculkan secara acak, dan (e) menyimpan rekaman hasil tes baik secara individu maupun bersama-sama. Berdasar hasil analisis data dari penerapan program CAT untuk pengujian kemampuan siswa menunjukkan bahwa: (1) sistem inferensi program CAT dengan algoritma logika fuzzy mampu memberikan butir-butir tes yang adaptif kepada siswa dengan tepat berdasar benar-salah respons jawaban yang diberikan, (2) kumpulan butir-butir tes hasil kerja program CAT yang diperoleh setiap siswa, dapat mendeskripsikan dengan baik kemampuan masing-masing siswa. Secara keseluruhan kinerja program CAT menggunakan algoritma logika fuzzy mampu melaksanakan tugas dengan baik untuk pemilihan butir tes dan pengukuran kemampuan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: computerized adaptive testing, algoritma logika fuzzy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 29 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item