LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 KALASAN

Muhammad Sukron Mahadi, Muhammad Sukron Mahadi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Sukron Mahadi-13413241036-Pend. Sosiologi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang digagas oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta melalui LPPMP sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga dan untuk melatih serta mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. SMA Negeri 1 Kalasan yang beralamat di Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL tahun ini. Sekolah ini merupakan sekolah favorit dan memiliki reputasi yang sangat baik. Disamping itu, SMAN 1 Kalasan juga memiliki fasilitas yang baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL di SMA ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini mahaiswa PPL mengajar di 4 kelas yaitu X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4 dengan jumlah total mengajar 27 kali dengan total mengajar sebanyak 81 jam pelajaran. Kegiatan mengajar dalam program PPL ini meliputi beberapa tahapan, diantaranya: tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Tahap persiapan PPL dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi terkait kegiatan pembelajaran. kemudian pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media, dan metode pembelajaran. Dan pada tahap pelaksanaan, praktikan melangsungkan kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melaksanakan PPL terutama dalam proses pembelajaran di kelas antara lain: siswa yang sulit dalam memahami pelajaran, adanya siswa yang masih pasif, pengetahuan siswa terkait sosiologi yang rekatif masih minim, dan minat siswa terkait sosiologi yang masih minim. Penjelasan secara berulang, pendekatan kepada siswa yang pasif dan pengemasan materi secara menarik dilakukan oleh praktikan untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan kegiatan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dengan kegiatan PPL ini mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi dan latar keilmuan masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi, PPL, SMAN 1 KALASAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46187

Actions (login required)

View Item View Item