LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN

Marhayati, Marhayati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Marhayati-13303244001-Pend. Kimia.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. SMA Negeri 1 Kalasan yang beralamat di Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas X dan pendampingan praktikum di kelas XII dengan mengajar mata pelajaran Kimia. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media, dan metode pembelajaran. Dalam kegiatan PPL ini mahaiswa PPL mengajar di tujuh kelas yaitu X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 4 dan XII MIPA 5 dengan jumlah total mengajar 34 kali atau 112 jam pelajaran. Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melaksanakan PPL terutama dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa yang sulit dalam memahami pelajaran dan adanya siswa yang masih pasif. Penjelasan secara berulang dan pendekatan kepada siswa yang pasif dilakukan oleh praktikan untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kimia, PPL, SMA NEGERI 1 KALASAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46186

Actions (login required)

View Item View Item