Nareswara, An Nashr (2016) PENGEMBANGAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN MENGUBAH POLA BLUS DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
11513241022.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan: (1) menghasilkan video media pembelajaran mengubah pola blus, (2) mengetahui kelayakan video media pembelajaran mengubah pola blus, (3) mengetahui efektivitas video media pembelajaran mengubah pola blus dengan metode Think Pair and Share. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Tim Puslitjaknov. Prosedur pengembangan terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba skala kecil dan revisi; (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Godean dengan subjek penelitian pada uji coba skala kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba skala besar berjumlah 31 siswa pada kelas XI Tata Busana 3. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan unjuk kerja. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan meminta pertimbangan ahli (Judgement Expert) dan reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk media dikembangkan berdasarkan prosedur pegembangan oleh Tim Puslijaknov menghasilkan video media pembelajaran mengubah pola blus yang dikemas dalam betuk CD, DVD, dan flashdisk ; 2) video media pembelajaran mengubah pola blus dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi oleh 2 orang ahli materi dengan skor rerata 9 (100%), 2 orang ahli media dengan skor rerata 10 (100%), dan hasil uji coba skala kecil menurut pendapat siswa sebanyak 40% menyatakan sangat setuju dan 60% menyatakan setuju. Sedangkan pada uji coba skala besar sebanyak 54,8% menyatakan sangat setuju dan 45,2% menyatakan setuju; 3) video media pembelajaran mengubah pola blus dengan metode Think Pair and Share termasuk dalam kategori sangat efektif dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan sebanyak 31 siswa (100%) mencapai KKM. Kata kunci: Pengembangan Video, Mengubah Pola Blus, SMKN 2 Godean.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 02:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46179 |
Actions (login required)
View Item |