LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman

HIMATUL ULWIYAH, HIMATUL ULWIYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Himatul Ulwiyah-Pend. Bahasa Perancis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan program bagi mahasiswa untuk terjun langsung sebagai seorang pendidik. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan, serta agar mahasiswa dapat menyalurkan segala ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah kepada para siswa di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran serta kegiatan-kegiatan lain yang berlangsung di sekolah. Hal tersebut digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidikyang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 bertempat di SMA Negeri 1 Kalasan dan mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli2016 sampai tanggal 15 September 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa PPL UNY sesuai dengan bidang pendidikan mahasiswa. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbeda. PPL dilaksanakan selama 13 kali atau 26 jam mengajar di tiga kelas yaitu X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3,dengan Tiga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam melaksanakan kegiatan PPL terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama melaksanakan PPL terutama dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa yang sulit dikondisikan, adanya siswa yang masih pasif, dan kendala teknis di dalam kelas. Penggantian metode pembelajaran, pendekatan kepada siswa yang pasif, dan peminjaman peralatan ke staff Tata Usaha dilakukan oleh praktikan untuk mengatasi hambatan tersebut. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman dan pelajaran bagi praktikan dalam dunia sekolah sehingga dapat membawa praktikan menjadi seorang pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,SMA NEGERI 1 KALASAN, Bahasa Perancis
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46176

Actions (login required)

View Item View Item