LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman

DYAH KUMALASARI, DYAH KUMALASARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Kumalasari-Pend. Seni Tari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 18 Juli2016 sampai 15 September 2016 di SMAN 1 KALASAN dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain; melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, serta pemberian tugas kepada peserta didik. Dalam kegiatan PPL di SMAN 1 KALASAN , penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Tari Hegong di kelas XI MIPA 1-XI MIPA 5. Mahasiswa melakukan praktek mengajar Tari Hegong , setiap hari Senin jam ke 8-9 untuk kelas XI MIPA 4, untuk kelas IX B, Rabu jam ke 8-9 untuk kelas XI MIPA 5, Kamis jam ke 8-9 untuk kelas XI MIPA 3, dan Jumat jam ke 1-2 untuk kelas XI MIPA 1 serta jam ke 4-5 untuk XI MIPA 2 . Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengetahuan penerapan kurikulum baru, proses pembelajaran, pengolahan kelas, cara mengevaluasi hasil belajar, dan pengelolaan hasil belajar. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Peserta Didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 01:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46170

Actions (login required)

View Item View Item