LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMA Negeri 1 Turi Gununganyar, Kelurahan Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

PRASETYO ADI NUGROHO, PRASETYO ADI NUGROHO (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMA Negeri 1 Turi Gununganyar, Kelurahan Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304244027 - PRASETYO ADI NUGROHO - PEND BIOLOGI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) program semester khusus merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu setelah kegiatan Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengembangan ketrampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan di sekolah terpilih untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar, menambah wawasan serta memperluas ilmu yang dimilikinya. Adapun tujuan dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di antaranya untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Turi meliputi kegiatan praktik pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Praktik mengajar di kelas bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini mahasiswa sebagai pengajar mata pelajaran Biologi dan melakukan pembelajaran di kelas X MIPA2, XI IPA1, dan XI IPA2. Kegiatan praktik mengajar di kelas dimaksudkan agar mahasiswa mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Pendekatan yang dilakukan menggunakan scientific approach. Kegiatan persekolahan meliputi kegiatan praktek di piket, sosialisasi kewirausahaan, dan sarasehan budaya. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilaksanakan sebanyak 23 kali pertemuan. Dari kegiatan praktik mengajar dan praktik persekolahan yang telah dilaksanakan, maka dapat didapatkan hasil bahwa mahasiswa SMA Negeri 1 Turi rata-rata mempunyai sikap yang baik namun masih memiliki minat membaca yang kurang. Ini dinilai dari hasil kegiatan belajar dan penilaian sikap pada setiap pembelajaran. Namun sekolah sedang melakukan program literasi sebagai solusinya. Tentunya terwujudnya keberhasilan pembelajaran pada kegiatan belajar mahasiswa ini berkat dukungan secara langsung maupun tidak langsung dari pihak sekolah yang telah berkerjasama secara profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Metode, Praktik Pengalaman Lapangan, Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 00:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46157

Actions (login required)

View Item View Item