PENGEMBANGAN MODUL PRODUK CAKE BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Youlanda Nova, Novita Rudya Putri (2016) PENGEMBANGAN MODUL PRODUK CAKE BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
LAPORAN SKRIPSI PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan modul produk cake (berdasarkan klasifikasinya) berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta, (2) hasil uji kelayakan modul produk cake (berdasarkan klasifikasinya) berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dan berbasis PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 November 2015-17 Mei 2016 di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Patiseri dengan jumlah 30 orang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan; (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) angket. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut: (1) pengembangan modul produk cake berbasis PBL (Problem Based Learning) melalui 4 tahap yaitu tahap define merupakan tahap awal analisis kebutuhan modul dengan observasi dan wawancara, dan studi pustaka. Tahap design dilakukan perancangan dan pembuatan modul sesuai dengan kerangka modul. Tahap develop dilakukan validasi ahli materi, ahli media, uji coba skala kecil 8 siswa dan uji coba skala besar 30 siswa. Tahap disseminate dilakukan proses penyebaran sehingga dapat terlihat ketercapaian tujuan, (2) hasil uji coba kelayakan modul skala kecil 8 siswa secara keseluruhan di tinjau dari aspek kelayakan modul oleh peserta didik dengan kategori sangat layak 37,5% dan layak 62,5%, sedangkan hasi uji coba skala besar 30 siswa secara keseluruhan di tinjau dari aspek kelayakan modul oleh peserta didik dengan kategori sangat layak 67,67% dan layak 43,33%. Kata kunci: modul pembelajaran, produk cake, modul produk cake berbasis PBL (Problem Based Learning)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 12:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46131

Actions (login required)

View Item View Item