MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR A DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO

Miftah, Al Hafidz (2016) MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR A DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MIFTAH AL HAFIDZ_15504247005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa menjadi kurang antusias dan merasa cepat bosan dengan pelajaran. Kurangnya perhatian siswa menyebabkan hasil belajar yang didapatkan rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMK Pembaharuan Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR A di SMK Pembaharuan Purworejo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang memilih subjek berdasarkan keputusan subyektif peneliti. Sedangkan objek yang diamati adalah keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkat pada setiap siklus, bahwa : (1) Model pembelajaran snowball throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus, siklus I adalah 53,3%, siklus II 58%, dan siklus III 68,8%. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR A pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 33,3%, sedangkan pada siklus II adalah 62,5%, dan pada siklus III adalah 83,3%. Kata kunci : snowball throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46118

Actions (login required)

View Item View Item