PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIPATAN SERBET (NAPKINFOLDING) BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS XI JASA BOGA DI SMK N 3 KLATEN

Diah Kusuma, Ningsih (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIPATAN SERBET (NAPKINFOLDING) BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS XI JASA BOGA DI SMK N 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Klaten, 2) mengetahui kelayakan media lipatan serbet (napkin folding) pada siswa kelas XI Jasa Boga di SMK Negeri 3 Klaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yaitu Define(analisis kebutuhan), Design(tahap perencanaan), Develop(hasil desain produk), Disseminate(penyebarluasan). Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2016 di SMK N 3 Klaten. Objek penelitian ini yaitu kelayakan media pembelajaran materi lipatan serbet (napkin folding) berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dengan jumlah 30 orang. Teknik pengambilan data untuk mengetahui tingkat kelayakan media dengan menggunakan angket. Validitas konstruk instrumen menggunakan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Produk menghasilkan media berbentuk CD interaksi berisi program Adobe Flash dengan materi lipatan serbet (Napkin Folding) dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define(analisis kebutuhan), Design(tahap perencanaan), Develop(hasil desain produk), Disseminate (penyebarluasan). 2) Media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dengan skor 82 dan ahli materi dengan skor 55. Hasil skor tiap aspek yang diperoleh melalui analisis deskriptif adalah: a) aspek pemrograman dengan skor 25,93% dalam aktegori layak, b) aspek tampilan media dengan skor 38,40% dalam kategori layak, c) aspek isi materi dengan skor 26,03% dalam kategori layak, d) aspek pembelajaran dengan skor 21,87% dalam kategori layak, sehingga media lipatan serbet (napkin folding)berbasis Adobe Flashlayak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar di SMK N 3 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Adobe Flash, Lipatan Serbet (Napkin Folding)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46114

Actions (login required)

View Item View Item