PENGEMBANGAN SISTEM TES TERKOMPUTERISASI SEBAGAI MEDIA LATIHAN SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

Faizal Guntur, Pratama (2016) PENGEMBANGAN SISTEM TES TERKOMPUTERISASI SEBAGAI MEDIA LATIHAN SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN TEORI KEJURUAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
12501241019_FaizalGP.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh hasil pengembangan sistem tes terkomputerisasi sebagai media latihan siswa SMK pada mata pelajaran teori kejuruan Teknik Elektronika Industri, 2) mengetahui tingkat kelayakan dari sistem tes terkomputerisasi, 3) mengetahui kinerja sistem tes terkomputerisasi, 4) mengetahui validitas sistem sebagai instrumen tes terkomputerisasi, dan 5) mengetahui reliabilitas sistem sebagai instrumen tes terkomputerisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan waterfall menurut Sommerville (2011). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap pengembangan, yaitu (1) requirements analysis and definition, (2) system and software design, (3) implementation and unit testing, (4) integration and system testing, dan (5) operation and maintenance. Penelitian ini dilakukan di SMK Muda Patria Sleman dan SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman untuk melakukan uji coba respon pengguna. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media CBT dan dua ahli TI. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) produk akhir yang telah dikembangkan adalah sistem tes terkomputerisasi dengan metode pengacakan urutan soal dan pemberian pembahasan soal pada hasil tes peserta untuk siswa SMK dengan menggunakan soal ujian nasional teori kejuruan Teknik Elektronika Industri tahun pelajaran 2013/2014. Tipe pengguna dalam sistem terdiri atas administrator, guru dan siswa. Sistem tes terdiri dari halaman pengaturan pengguna, tes, soal dan pembahasan, serta hasil tes. 2) Penilaian oleh ahli media CBT mendapat nilai rerata jumlah skor 83 atau 79,8% dari skor maksimal sehingga masuk dalam kategori layak. Penilaian oleh ahli TI mendapatkan nilai rerata jumlah skor 91,5 atau 81,70 % dari skor maksimal sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, guru dan siswa memberikan penilaian bahwa sistem yang dikembangkan mempunyai rerata jumlah skor masing-masing 61,05 dan 84,79 sehingga masuk dalam kategori sangat baik. 3) Seluruh fungsi program dalam sistem tes terkomputerisasi telah dapat dijalankan sesuai dengan skenario pada pengujian black box serta mampu bekerja dengan baik untuk melayani tes terhadap siswa pada ujicoba terbatas di dua SMK. 4) Berdasarkan analisis validitas, tingkat kesukaran dan daya beda dari sejumlah 40 soal hanya terdapat 5 soal yang valid yaitu nomor 2, 3, 15, 22, dan 35. 5) Hasil perhitungan reliabilitas soal tes diperoleh nilai koefisien reliabilitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46112

Actions (login required)

View Item View Item