PENGEMBANGAN TRAINER SENSOR PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 PENGASIH

SHALAHUDIN, KAMAL (2016) PENGEMBANGAN TRAINER SENSOR PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS_Shalahudin Kamal_12502241011_PTE_FTUNY.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Trainer sensor yang sesuai dengan mata pelajaran sensor dan aktuator kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Pengasih; (2) Mengetahui kelayakan Trainer sensor untuk siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE models dengan lima tahapan pokok yaitu, (1) Analisis (Analysis); (2) Design (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Implementasi (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan dengan model pengembangan ADDIE menghasilkan Trainer sensor yang sesuai dengan mata pelajaran sensor dan aktuator kelas XI Program Keahlian Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih; dan (2) Berdasarkan hasil penilaian ahli materi berdasarkan aspek edukatif/materi mencapai nilai rata-rata 54,67 dengan presentase 91,11% (sangat layak). Berdasarkan hasil penilaian ahli media yang mencakup aspek teknis dan estetika/tampilan mencapai nilai rata-rata 90 dengan presentase 90.00% (sangat layak). Berdasarkan respon siswa memperoleh nilai rata-rata 66.76 dengan presentase 79.47% (baik). Kata kunci : Pengembangan, Trainer Sensor, Sensor dan Aktuator.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46111

Actions (login required)

View Item View Item