PENERAPAN APLIKASI CNC MULTI CALCULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI BUBUT KELAS XI TP 1 DI SMK NEGERI 2

Servesius, Rusmantoro (2016) PENERAPAN APLIKASI CNC MULTI CALCULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI BUBUT KELAS XI TP 1 DI SMK NEGERI 2. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Servesius Rusmantoro_12503241023_Pendididkan Teknik Mesin.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1, (2) peningkatan kompetensi siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (action research classroom) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta, dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase dan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75% dari masing- masing aspek yang diamati dan kompetensi belajar siswa adalah 75% siswa yang tuntas tes kompetensi berdasarkan nilai KKM di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran menggunakan media aplikasi CNC Multi Calculator dapat meningkatkan keaktifan dan kompetensi siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 di SMK Negeri 2 Yogyakarta pada mata pelajaran teori bubut. Peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 31,9% dimana skor rata-rata keaktifan belajar pada siklus I hanya sebesar 48,95% dan siklus II sebesar 64,84%, kemudian meningkat menjadi 80,85% pada siklus III, sedangkan untuk kompetensi siswa terjadi peningkatan sebesar 37,5%, pada siklus I rata-rata ketuntasan tes kompetensi hanya mencapai 50% dan siklus II meningkat menjadi 78,12% kemudian meningkat menjadi 87,5% pada siklus III dengan jumlah siswa yang tuntas tes kompetensi mencapai 28 siswa. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran menggunakan media aplikasi CNC Multi Calculator dapat dikatakan berhasil meningkatkan keaktifan dan kompetensi siswa. Kata kunci: aplikasi CNC Multi Calculator, keaktifan belajar, kompetensi siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:27
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46110

Actions (login required)

View Item View Item