KARAKTERISTIK MIKROTREMOR BERDASARKAN ANALISIS SPEKTRUM, TFA (TIME FREQUENCY ANALYSIS) DAN ANALISIS SEISMISITAS PADA KAWASAN JALUR SESAR OPAK

Habibah, Umi and Wibowo, Nugroho Budi (2017) KARAKTERISTIK MIKROTREMOR BERDASARKAN ANALISIS SPEKTRUM, TFA (TIME FREQUENCY ANALYSIS) DAN ANALISIS SEISMISITAS PADA KAWASAN JALUR SESAR OPAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Karakteristik Mikrotremor menggunakan data mikrotremor di kawasan jalur Sesar Opak.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik mikrotremor berdasarkan citra TFA dan spektrum, dan mengetahui seismisitas menggunakan analisis b-value di sekitar kawasan Sesar Opak. Data penelitian ini diambil menggunakan seismometer tipe TDV-23S dan TDL-303S. Data mikrotremor diambil dari 39 titik data primer dengan spasi grid 2 km dan 48 titik data sekunder. Data yang didapat dari pengukuran tersebut berupa sinyal mikrotremor di setiap titik penelitian. Data tersebut kemudian diolah dengan metode Time Frequency Analysis dan spektrum menggunakan aplikasi Sessaray-Geopsy dan dikorelasikan dengan data bor untuk mengetahui struktur lapisan tanah di sekitar daerah penelitian. Untuk analisis seismisitas menggunakan data gempabumi tahun 2006-2016 dari BMKG yang kemudian diolah menggunakan analisis maksimum likelyhood untuk mengetahui b-value. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik mikrotremor berdasarkan citra TFA dan spektrum gelombang yang dikorelasikan dengan data bor dapat dikelompokkan sesuai dengan jenis formasi sekitar lokasi penelitian yang berada pada tanah aluvium, formasi Wonosari, formasi Semilir, dan formasi Endapan Merapi Muda. Analisis seismisitas di sekitar Sesar Opak memiliki magnitudo gempa antara 1,7 SR – 5,9 SR dengan kedalaman 10 km – 20 km dengan b-value 0,6 – 4,4. Kata Kunci: Time Frequency Analysis, Analisis seismisitas, B-value, Karakteristik mikrotremor, Sesar Opak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:29
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46086

Actions (login required)

View Item View Item