PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA ASAM BASA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Pangastuti, Ratri Panggih (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA ASAM BASA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI BERDASARKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI_RATRI%20PANGGIH%20PANGASTUTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku pengayaan kimia asam basa untuk peserta didik SMA/MA kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 sebagai sumber belajar mandiri, serta mengetahui kualitas buku pengayaan ditinjau dari komponen isi, penyajian serta bahasa dan gambar berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur pengembangan meliputi 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Buku pengayaan kimia asam basa memuat 7 bab materi kimia asam basa. Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer, 1 dosen kimia yang bertindak sebagai ahli materi sekaligus ahli media. Produk akhir dinilai oleh 5 reviewer, yaitu guru kimia SMA/MA di Kulon Progo. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian yang terdiri dari 3 komponen penilaian, 12 butir penilaian, dan 24 kriteria penilaian. Data yang dihasilkan berupa data kualitas buku pengayaan kimia asam basa. Hasil penelitian berupa buku pengayaan kimia asam basa. Berdasarkan penilaian 5 reviewer, buku pengayaan ini mempunyai kualitas sangat baik dengan skor rata-rata 4,23 dan persentase keidealan 84,5 %. Dengan demikian buku pengayaan kimia asam basa ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2017 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46084

Actions (login required)

View Item View Item