FERY NUR, NDAHSARI (2016) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PRAKTIK ANTARA KELAS XI DAN KELAS XII SISWA SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan pepenyusunan tugas akhir ini adalah (1) Mengetahui perbedaan motivasi belajar terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas XII dan kelas XI; (2) Mengetahui tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi antara kelas XII dan siswa kelas XI; (3) Mengetahui tingkat prestasi belajar yang lebih tinggi antara kelas XII dan siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost-facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII dan kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 224 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 60 orang menurut roscoe selanjutnya sampel setiap kelas diambil secara random class sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis chi kuadrat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Motivasi belajar menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, hasil kelas XI lebih tinggi dibanding dengan kelas XII dengan pebandingan rata-rata 79,033 dan 76,933. (2) Hasil prestasi belajar siswa tidak terdapat perbedaan yang signifikan, namun hasil rata-rata menunjukkan siswa kelas XII lebih unggul dengan hasil 81,6 dibanding kelas XI rata-ratanya hanya 79,95. (3) ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas XII dan kelas XI. Perbedaan ini ditunjukkan oleh harga chi kuadrat hitung yang lebih besar dibanding harga chi kuadrat tabel (χ
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 06:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |