Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap dengan Pendekatan Problem Based Learning dan Budaya Lokal Belitung Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran dan Prestasi Belajar Siswa.

Hapsari, Ria Dwi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap dengan Pendekatan Problem Based Learning dan Budaya Lokal Belitung Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ria-dwi-hapsari-14709251046.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika siswa kelas VII semester genap SMP dengan pendekatan problem based learning dan budaya lokal Belitung berorientasi pada kemampuan penalaran dan prestasi belajar siswa yang baik dan layak digunakan untuk memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi matematika wajib SMP kelas VII semester genap. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tahapan: (1) tahap penelitian awal, meliputi analisis kebutuhan, analisis konteks, analisis materi, review literature/studi pustaka; (2) fase pengembangan, meliputi penyusunan produk; (3) penilaian, meliputi validasi ahli, uji coba I, uji coba II, serta analisis kepraktisan dan keefektifan produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan LKS, lembar penilaian guru, lembar respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen pretest dan posttest kemampuan penalaran, serta instrumen pretest dan posttest prestasi belajar siswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi skor aktual menjadi data kualitatif. Analisis keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes prestasi dan persentase siswa yang memiliki kemampuan penalaran dengan kriteria minimal baik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning dan budaya lokal Belitungyang meliputi RPP dan LKS yang praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan penalaran dan prestasi belajar siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan, baik RPP maupun LKSmemiliki kriteria valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat mencapai kriteria praktis untuk penilaian guru maupun penilaian respon siswa, serta persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, ditunjukkan dari ketuntasan siswa pada posttest prestasi matematika telah lebih dari 75%. Perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa yang ditunjukkan dari persentase siswa yang memiliki kemampuan dengan kriteria minimal tinggi telah lebih dari 75%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, problem based learning,budaya lokal Belitung,kemampuan penalaran, prestasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:01
Last Modified: 09 May 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46076

Actions (login required)

View Item View Item