PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2015-2016

TRI, YUDONO (2016) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2015-2016. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Otomotif pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan semester gasal di SMK N 2 Wonosari Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Two Group, Pretest-postets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Otomotif SMK N 2 Wonosari, dengan jumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen dengan rumus Kuder Richardson. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan Chi Kuadrat dan uji homogenitas varians. Untuk mengetahui besar prestasi kelas Jigsaw dan kelas STAD menggunakan Tendensi Sentral (rata-rata). Teknik analisis mengunakan N-Gain dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t Polled Varians karena jumlah anggota sampelnya sama (n1=n2) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menujukkan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar posttest kelas Jigsaw sebesar 81,20 dan kelas STAD sebesar 77,07 dari uji hipotesis didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,2354 ˃ ttabel = 2,001717). Hasil peningkatan prestasi belajar, dapat dilihat dari nilai Gain dari masing-masing kelas yaitu kelas Jigsaw 0,784 masuk dalam kategori tinggi dan kelas STAD 0,668 masuk dalam kategori sedang, sehingga kelas yang menggunakan metode Jigsaw mempunyai peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode STAD. Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46075

Actions (login required)

View Item View Item