LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Jl. Raya Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto, Maguwoharjo, Depok, Sleman

Dwitami Hediati, Dwitami Hediati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Jl. Raya Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwitami Hediati_Pendidikan Fisika_13302244001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta ini bertujuan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa mengenai pembelajaran di dunia pendidikan, sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Praktik mengajar dilaksanakan oleh 16 mahasiswa yang berasal dari program studi yang berbeda, yaitu dari program studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan Ekonomi. Setiap mahasiswa di dampingi oleh guru pengampu mata pelajaran yang sesuai dengan program studi masing-masing. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diisi dengan dua kegiatan yakni praktik mengajar dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya, yakni : Mengisi administrasi guru, melaksanakan piket, mengikuti kegiatan tujuh belasan, kegiatan kesiswaan,dll. Praktik mengajar sendiri dilakukan di empat kelas, yakni kelas X.A, X.B, X.C, dan X.D. Pelaksanakan praktik mengajar di kelas X.A, X.B, XC, dan X.D dilaksanakan pada Hari Senin, Selasa, Jum’at, dan Sabtu. Dalam seminggu ada 12 jam pelajaran Fisika, setiap satu jam pelajaran yaitu 45 menit (1 x 45 menit). Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa memperoleh banyak manfaat, antara lain : 1) Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan yang di peroleh selama kuliah dalam kegiatan PPL sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik yang di bimbingnya, 2) Mahasiswa dapat melihat dan merasakan suasana fisik dan psikologis dari proses pendidikan, 3) Mahasiswa dapat meningkatkan mutu dan profesionalisme di bidang pendidikan yang akan di tekuninya, 4) Mahasiswa dapat lebih memahami arti pentingnya pendidikan karena sudah mengetahui sendiri ruang lingkup pendidikan yang akan di gelutinya. Hasil laporan Praktik Pengalaman lapangan (PPL) ini menyajikan seluruh kegiatan selama PPL dan menerapkan ilmu pendidikan yang telah dipelajari dan mengembangkannya di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Mengajar, Tujuan, Manfaat, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46071

Actions (login required)

View Item View Item