LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA Angkasa Adisutjipto

Alfi Khafidhul Hak, Alfi Khafidhul Hak (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA Angkasa Adisutjipto. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alfi Khafidhul Hak_Pend Geografi_13405241014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasisswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan yang sesungguhnya. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2016 yang berlokasi di SMA Angkasa Adisutjipto Jl.Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Praktik mengajar dilaksanakan oleh 16 orang mahasiswa yang berasal dari program Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa indonesia, Pendidikan Fisika. Tiap mahasiswa didampingi oleh guru pembimbing pengampu mata pelajaran sesuai dengan program studi tiap mahasiswa praktikan. Praktikan sendiri adalah mahasiswa dari program Pendidikan Geografi. Selama PPL, praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas XA, XB dan XI IPS 1. Praktik mengajar dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMA Angkasa Adisutjipto dari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi gratis, LCD, Soundsystem, kipas angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang diseluruh ruangan kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMA Angkasa Adisutjipto merupakan SDM yang cukup berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Selama proses kegiatan PPL, penulis didampingi oleh Ibu Ratna Sari Sulistyowati, S.P.d selaku guru mata pelajaran Geografi dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulis mendapatkan pembagian tugas mengajar kelas utama yaitu di kelas XA, XB dan XI IPS 1. Berdasarkan hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman mengajar sejumlah 30 kali tatap muka dengan total alokasi waktu sejumlah 44 jam selama PPL di SMA Angkasa Adisutjipto. Adapun keseluruhan jumlah jam yang telah terlaksana sesuai dengan matriks program kerja individu PPL tahun 2016 sejumlah 288 jam yang meliputi dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Geografi, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46066

Actions (login required)

View Item View Item