PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSMISI OTOMATIS BERBASIS FLASH DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

ARDHI, NURWIJAYA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSMISI OTOMATIS BERBASIS FLASH DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Transmisi Otomatis Berbasis Flash di SMK Negeri 1 Magelan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) membuat dan mengembangkan produk media pembelajaran transmisi otomatis berbasis flash untuk pembelajaran di SMK; (2) menguji apakah produk media pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMK; (3) mengetahui efektifitas penggunaan produk media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di SMK. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur langkah-langkah pengembangan yang digunakan meliputi: (1) identifikasi masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang yang merupakan siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Magelang. Hasil penelitian adalah berupa media pembelajaran transmisi otomotif berbasis flash dengan persentase kelayakan: (1) penilaian dari ahli materi sebesar 77,33 % dengan kategori layak dan penilaian dari ahli media sebesar 76,8 % dengan kategori layak, sedangkan penilaian dari siswa menunjukkan kelayakan 83,26 % bila dilihat dari aspek materi dan 82,28 % bila dilihat dari aspek media dengan kategori sangat layak; (2) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 16,67 % dari sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran transmisi otomatis berbasis flash layak digunakan dalam proses belajar mengajar dan efektif karena mampu meningkat hasil belajar peserta didik yang menggunakannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Transmisi Otomatis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46065

Actions (login required)

View Item View Item