LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMA Angkasa Adisutjipto Jl. Raya Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta 55002 Telp. 564466

Wiluk Kurniawati, Wiluk Kurniawati (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMA Angkasa Adisutjipto Jl. Raya Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta 55002 Telp. 564466. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
wiluk kurniawati_pendidikan sosiologi_13413241074.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan kemampuannya baik secara akademis maupun dengan tujuan memberikan hasil kerja nyata kuliah di UNY demi kemajuan pendidikan serta sebagai wahana pembentukan calonn guru atau tenaga pendidik yang profesianal. Diharapkan dengan adanya Praktik pengalaman lapangan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga sehingga penyusun dapat mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiaan kelembagaan yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Dalam Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2016 yaitu berlokasi di SMA Angkasa Adisutjipto Jl. Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta yang mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Tiap mahasiswa didampingi oleh guru pembimbing pengampu mata pelajaran sesuai dengan program studi tiap mahasiswa praktikan. Praktikan sendiri mengajar materi Sosiologi semester gasal dan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas XC, dan XD. Praktik mengajar dilaksanakan pada hari Selasa jam ke-7,8 dan Jum’at jam ke-1,2. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP, materi mengajar, media pembelajaran sekaligus pembuatan administrasi guru. Setiap praktik mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih meguasai materi yang akan disampaikan. Adapun hasil dari pelakasanaan PPL, praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman yang nyata berkaitan dengan perencenaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pegolahan kelas. Mahasiswa juga telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Guru, Mahasiswa, Sekolah, Pelaksanaan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46058

Actions (login required)

View Item View Item