EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PENYAJIAN PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 KALASAN

Atina, Hidayah (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PENYAJIAN PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SRIPSI ATINA HIDAYAH 12511241002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perencanaan, penerapan, dan efektivitas metode pembelajaran Example Non Example dalam upaya meningkatkan kreativitas penyajian siswa dalam mata pelajaran Boga Dasar kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian siswa kelas X Jasa Boga B yang berjumlah 34 siswa di SMK N 1 Kalasan. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Februari-Juni 2016, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan: “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Tindakan dilakukan kolaborasi oleh guru pengampu dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode penilaian tugas. Pengujian instrumen melalui uji validitas konstruk yaitu dengan meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert). Hasil uji validasi, para ahli meyatakan instrument layak digunakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif yang bersifat eksplanatorik analitik, yaitu dengan menyajikan dalam bentuk tabel dan persentase yang selanjutnya dideskripsikan dan diambil kesimpulan berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan. Hasil penelitian tahap perencanaan penerapan metode pembelajaran example non example pada mata pelajaran boga dasar berjalan sesuai tujuan dan mendapatkan hasil yang positif (nilai kreativitas meningkat). Tahapan mengidentifkasi masalah dan merancang tindakan dengan menggunakan metode example non example. Selanjutnya, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), rubrik observasi keterlaksanaan metode example non example, dan membuat rubrik penilaian untuk mengukur kreativitas siswa. Hasil Penerapan metode pembelajaran example non example dapat memaksimalkan perhatian siswa terhadap mata pelajaran teori pada mata pelajaran boga dasar. Penerapan metode example non example juga meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran, sehingga nilai kreativitas penyajian produk siswa pada mata pelajaran boga dasar dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Example Non Example memiliki tingkat efektivitas sebesar 7,7 atau 8,9%. Setelah diberi tindakan siklus I mampu meningkatkan nilai kreativitas rata-rata sebesar 6.4% dari 78.6 menjadi 83.7. Pada siklus II, perubahan hasil nilai rata-rata kreativitas siswa meningkat 3.1% dari 83.7 menjadi 86.3. Hal ini membuktikan bahwa seluruh siswa sudah mencapai ketuntasan yaitu diatas nilai rata-rata (75). Kata Kunci : Kreativitas, penyajian, boga dasar, pembelajaran example non example

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46052

Actions (login required)

View Item View Item