HUBUNGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN BUSANA (INDUSTRI) DI SMK N 3 KLATEN

Putri Arum, Ambarsari (2016) HUBUNGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN BUSANA (INDUSTRI) DI SMK N 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Putri Arum Ambarsari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri) yang telah terinternalisasi dalam diri siswa SMK N 3 Klaten, (2) mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh siswa SMK N 3 Klaten, (3) mendeskripsikan profil prestasi belajar Pembuatan Busana (Industri) di SMK N 3 Klaten, (4) mengetahui hubungan internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar Pembuatan Busana (Industri) di SMK N 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri) di SMK N 3 Klaten yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI TB 1, XI TB 2, XI TB 3. Sampel penelitian sebanyak 75 siswa yang ditentukan dengan tabel Isaac & Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk data internalisasi nilai dan dokumentasi untuk prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan pendekatan korelasi Product Moment. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil FGD dengan guru diketahui bahwa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri) adalah nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan tanggung jawab. Internalisasi nilai karakter dalam diri siswa yaitu disiplin interprestasi 49,4 % kategori cukup, kerja keras 38,6 % kategori kurang, kreatif 46,6 % kategori cukup, mandiri 48 % kategori cukup, dan tanggung jawab 41,4 % kategori cukup; (2) hasil analisis data internalisasi nilai-nilai karakter oleh siswa SMK N 3 Klaten secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi, yaitu 60 % berjumlah 45 siswa; (3) hasil dokumentasi raport dari guru menunjukan profil nilai rapor Pembuatan Busana (Industri) dari 75 siswa dinyatakan tuntas, karena seluruh siswa telah mencapai nilai KKM yaitu 72; (4) hasil analisis data variabel internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar, diperoleh sebesar 0,886, taraf signifikansi 0,05 maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan “terdapat hubungan internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar pembuatan busana (industri) di SMK N 3 Klaten”. Kata kunci: internalisasi nilai-nilai karakter, prestasi belajar, pembuatan busana (industri).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46050

Actions (login required)

View Item View Item