LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 NGAGLIK (Jl. Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta)

SILVIA ROSIANA DEWI, SILVIA ROSIANA DEWI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 NGAGLIK (Jl. Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Biologi-Silvia Rosiana Dewi-13304241058.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Melalui kegiatan PPL ini, mahasiswa calon pendidik diharapkan akan mendapatkan pengalaman dalam mengajar secara nyata melalui kegiatan praktik mengajar di sekolah, mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengerjakan tugas sebagai pendidik, seperti menyusun RPP dan media pembelajaran, serta menumbuhkan kompetensi baik pedagogik, kepribadian, sosial, maupun profesional. Program PPL yang dilaksanakan oleh praktikan sebagai mahasiswa program studi pendidikan biologi bertempat di SMA Negeri 1 Ngaglik selama kurang lebih 2 bulan. Praktikan ditugaskan untuk melakukan praktik mengajar di kelas XI IPA yang berjumlah 3 kelas. Program PPL yang praktikan laksanakan dapat dibedakan menjadi 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL yaitu pembeljaran mikro, penerjunan PPL, observasi sekolah, dan pembekalan PPL. Sedangkan pada tahap pelaksanaan, praktikan membantu kegiatan PPDB dan MPLS, melaksanakan piket jaga, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, membantu kegiatan praktikum dan ekstrakurikuler, serta berpartisipasi pada kegiatan lainnya di sekolah, hingga penarikan PPL dari sekolah. Kemudian untuk kegiatan evaluasi PPL dilakukan melalui penyusunan laporan PPL. Melalui kegiatan PPL ini, praktikan dapat memperoleh informasi tentang kondisi dan situasi sekolah jenjang SMA, memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengajar di dalam kelas, menemukan permasalahan yang terjadi di sekolah, mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku perkuliahan, memperoleh gambaran kegiatan dan tugas guru biologi jenjang SMA, mengembangkan keterampilan yang dimiliki baik melalui kegiatan mengajar maupun kegiatan nonmengajar di sekolah, meningkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional sebagai calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Biologi, PPL, SMAN 1 Ngaglik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46035

Actions (login required)

View Item View Item