LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Semester Khusus Tahun Akademik 2016/2017 15 Juli – 15 September 2016

Tanjung Probowati, Tanjung Probowati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI SMA N 1 NGAGLIK Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Semester Khusus Tahun Akademik 2016/2017 15 Juli – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Other
Pend.Bhs.Jerman_Tanjung Probowati_13203241041.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, serta membina tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah mengikuti mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Adapun visi PPL UNY adalah sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. PPL merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Program PPL bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran serta kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik agar nantinya memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana menjadi calon pendidik yang profesional Program PPL dilaksanakan di SMA N 1 Ngaglik. Sekolah ini berlokasi di Kayunan, Kelurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman dan merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Program PPL di SMA N 1 Ngaglik dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan minimal 6 kali tatap muka, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 16 kali untuk 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan metode dan media pembelajaran yang bermacam-macam. Banyak kendala dan hambatan yang dialami selama dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Dengan adanya program PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman mengajar dan mengelola kelas. Program PPL juga memberikan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMA N 1 Ngaglik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46032

Actions (login required)

View Item View Item