PENGEMBANGAN MINI CHEMISTRY LABORATORY (MCL) BERBASIS ANDROID PADA MATERI KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Nurjanah, Ana Siti (2016) PENGEMBANGAN MINI CHEMISTRY LABORATORY (MCL) BERBASIS ANDROID PADA MATERI KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I ANA%20SITI%20NURJANAH%20%2812303241012%29.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengatahui tahap-tahap pengembangan aplikasi berbasis android pada materi keselamatan kerja di laboratorium kimia kelas X SMA/MA sebagai sumber belajar mandiri dan mengetahui kulitasnya ditinjau dari aspek materi, perangkat soal, bahasa, keterlaksanaan, tampilan dan audio. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian diadaptasi dari model pengembangan 4-D (four D) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu define, design, develop, disseminate. Subjek validasi penelitian, yaitu dosen pembimbing sekaligus ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Subjek penilaian penelitian, yaitu lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dan sepuluh peserta didik kelas X SMA/MA. Instrumen berupa angket penilaian produk yang terdiri atas aspek materi, perangkat soal, bahasa, keterlaksanaan, tampilan dan audio. Hasil penilaian berupa skor yang ditabulasi dan dianalisis menggunakan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Mini Chemistry Laboratory (MCL) berbasis android yang berisi materi dan kuis tentang keselamatan kerja di laboratorium kimia sebagai alternatif sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer, kualitas aplikasi Mini Chemistry Laboratory yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, perangkat soal, bahasa, keterlaksanaan, tampilan, dan audio oleh reviewer adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan setiap aspek berturut-turut 89,60%; 90,67%; 93%; 88,89%; 90,28%; dan 88,00%. Berdasarkan penilaian oleh peserta didik aplikasi MCL memiliki kualitas sangat baik (SB) ditinjau dari aspek perangkat soal, bahasa, keterlaksanaan, dan tampilan dengan persentase keidealan berturut turut 90,00%; 94%; 99,42%; dan 89%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46022

Actions (login required)

View Item View Item