PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI LOKAL

Wisnu Subroto, Wisnu Subroto (2016) PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI LOKAL. In: PEMBELAJARAN SEJARAH.

[img] Other (Prosiding)
42.WISNU_UNLAM.swf

Download (80kB)

Abstract

Persaingan pada abad ke-21 ini telah dilanda oleh arus egoisme dan sektarianisme. Akibatnya penanaman nilai-nilai lokal melalui pendidikan menjadi kurang mampu dilakukan dengan optimal. Salah satu mata pelajaran yang secara eksplisit bertugas menanamkan nilai-nilai lokal yaitu sejarah, juga kurang mampu menunaikan tugas dengan optimal. Permasalahan yang dikaji dalam tulisan ini adalah mengapa pelajaran sejarah tidak mampu bekerja optimal? Dari penelusuran terhadap buku teks pelajaran sejarah untuk kurikulum 2013 dan berbagai penelitian yang telah dilakukan, dua permasalahan utama yang menjadi kendala pelajaran sejarah di SMA adalah materi dan proses pembelajarannya. Materi pelajaran sejarah lebih menonjolkan keunggulan bangsa asing dan pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia. Akar permasalahannya adalah terdapatnya unsur neo-kolonialisme dan kepentingan kelompok penguasa yang mempengaruhi konstruksi materi pelajaran sejarah. Di pihak lain, proses pembelajaran sejarah terkendala oleh kapabilitas guru dan metode yang diterapkan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:44
Last Modified: 17 Jan 2017 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46021

Actions (login required)

View Item View Item