LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 GODEAN Alamat: Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

NITA LESTARI, NITA LESTARI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 GODEAN Alamat: Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11. Nita Lestari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki misi, yaitu menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan secara profesional. Oleh sebab itu, pelaksanaan PPL ini sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL tahun 2016 adalah SMK Negeri 1 Godean yang beralamat di Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman. Jumlah mahasiswa yang melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Godean sebanyak 11 mahasiswa yang terdiri 3 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi, 4 mahasiswa jurusan Administrasi Perkantoran, dan 4 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Akuntansi di kelas XI AK 3. Selain itu, selama melaksanakan PPL, praktikan juga diminta oleh guru pembimbing untuk menggantikan beliau mengajar di kelas XI AK 1 dan XI AK 2. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket di ruang guru, piket among tamu siswa, inventarisasi buku-buku perpustakaan, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah, diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 1 Godean ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Godean
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46012

Actions (login required)

View Item View Item