PENGARUH METODE BAGIAN TERHADAP HASIL LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK DRIBLING SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN 2016

Rizky Aditya Nico, Saputra (2016) PENGARUH METODE BAGIAN TERHADAP HASIL LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK DRIBLING SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rizky Aditya Nico Saputra.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menggiring bola siswa masih terbatas sehingga arah dalam menggiring bola mudah ditebak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bagian terhadap hasil latihan teknik dribbling sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain “One Group Pretest-Postest Design”. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan dribbling adalah tes menggiring bola yang dikembangkan oleh Bobby Charlton (dalam Danny Mielke, 2007: 8). Instrumen ini memiliki validitas 0,858 dan reliabilitas 0,963. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode bagian terhadap hasil latihan teknik dribbling sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, dengan kenaikan persentase sebesar 2,31%, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode bagiam, teknik dribbling, sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46011

Actions (login required)

View Item View Item